TQM (Total Quality Management)
Total Quality Management (TQM) merupakan suatu
konsep manajemen modern yang berusaha untuk merespons secara tepat terhadap setiap perubahan
yang ada, baik yang didorong oleh kekuatan eksternal maupun internal. TQM lebih berfokus pada tujuan perusahaan untuk melayani kebutuhan pelanggan
dengan memasok barang dan jasa yang memiliki kualitas setinggi
mungkin. TQM merupakan paradigma baru dalam menjalankan strategi yang berupaya memaksimumkan daya saing perusahaan
melalui perbaikan secara
berkesinambungan atas kualitas produk, sumber daya manusia, proses dan
lingkungan organisasi/perusahaan.Kehadiran
TQM sebagai paradigma baru menuntut komitmen jangka panjang dan perubahan total atas paradigma manajemen tradisional. Perlunya perubahan total dikarenakan
cara menjalankan bisnis dengan TQM berbeda sekali dengan cara
tradisional.Berdasarkan ISO 8402(Quality Vocabulary), manajemen kualitas sebagai semua aktivitas dari fungsi manajemen secara keseluruhan
yang menentukan kebijaksanaan kualitas, tujuan-tujuan dan tanggung jawab serta
mengimplementasikannya melalui alat-alatseperti;
(1) perencanaan
kualitas (Quality
Planning)
(2)
pengendaliankualitas (Quality
Control)
(3)
jaminan kualitas (Quality
Assurance) dan
(4)
peningkatan kualitas (Quality
improvement).
Tanggung jawab untuk manajemen kualitas ada
pada semua level dari manajemen,
tetapi harus dikendalikan oleh manajemen puncak (top management) dan implementasinya harus melibatkansemua anggota organisasi. Ada beberapa
persyaratan untuk mengimplementasikan TQM menurut Goetsch (Fandy,1995:332),
yaitu; komitmen manajemen puncak, komitmen atas sumber daya yang dibutuhkan, Organization Wide Steering Committee , perencanaan dan
publikasi, dan infrastruktur yang mendukung penyebarluasan dan perbaikan terus menerus. TQM telah dikembangkan di banyak negara dengan tujuan membantu
organisasi untuk mencapai kinerja yang sempurna,terutama dalam memberikan
kepuasan pelanggan, yang berdampak terhadap loyalitas pelanggan dan
pangsa pasar yang lebih luas,sehingga dapat meningkatkan profitabilitas
dengan cara melakukan perbaikan
kualitas secara terus menerus. Dan semua manfaat tersebut dapat meningkatkan daya saing perusahaan untuk
tetap survive.