1 peran penting manajemen dalam
kehidupan sehari-hari
manajemen
adalah suatu kegiatan yang digunakan harus mengatur semuanya dengan baik, agar
dapat melakukan kegiatan dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu
menurut saya manajemen dalam kehidupan sehari-hari sangat penting . karena
dengan adanya manajemen kita bisa mengatur semua kegiatan agar dapat dilakukan
dengan efesien dan efektif. Tanpa adanya manajemen kegiatan kita dalam
kehiidupan sehari-hari akan tidak teratur.
Salah satu
contoh pentingnya manajemen dalam kehidupan sehari-hari adalah pentingnya kita
memanajemen keuangan kita. Karena dengan kita memanaj keuangan kita dapat
mengatur keuangan dalam keseharian kita. Apabila kita tidak memanaj keuangan
kita maka yang akan terhadi hanya pemborosan penggunaan uang untuk membeli
barang yang tidak penting. Dalam suatu kehidupan sehari-hari memanaj keuangan
harus di terapkan agar antara pemasukkan yang didapat dari bekerja dapat
mencukupi kehidupan kita dengan memanaj pengeluaran yang keluar sehari-hari.
Apabila manajemen keuangan tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan
terjadi pengeluaran yang berlebihan dan tak mencukupi kehidupan kita.
Contoh lain
pentingnya manajemen dalam kehidupan sehari-hari adalah memanaj waktu. Memanaj
waktu harus kita lakukan agar dapat memanfaatkan waktu yang bisa mungkin. Tidak
melakukan kegiatan yang hanya membuang-buang waktu. Memanaj waktu sangat
penting karen dengan memanaj waktu semua kegiatan kita dalam keseharian akan
tertata rapih. Kegiatan yang kita lakukan dalam sehari-hari dapat teratur dan
tidak terjadi dua kegiatan dalam satu waktu.
Peran
penting manajemen dalam organisasi
Dalam organisai kegiatan manajemen sangat penting. Menej dalam organisasi
merupakkan suatu cara yang harus di lakukan.
Kantor
merupakan salah satu organisai yang menggunakan manajemen. Pengertian kantor
sendiri adalah keseluruhan ruang yang menjadi tempat pelaksanaan kegitan tata
usaha, kegiatan manajemen, tugas pimpinan lainnya dalam sebuah organisasi.
Dalam kantor perlu di bentuk kegiatan manajemen. Manajemen disini bukan hanya
tentang keuangan melainkan tentang penjadwalan para pekerja di kantor tersebut.
Keuangan
dalam perkantoran harus di menej agar dapat mengatur semua pemasukan dan
pengeluaran yang terjadi dalam kantor tersebut. Apabila kegiatan memanaj
keuangan tidak dilakukan akan terjadi pembangkrutan kantor karena tidak adanya
pencatatan keuangan kantor tersebut. Untuk menjalankan manajemen dalam
perkantoran kantor perlu membentuk sekelompok karyawan. Manajemen keuangan
merupakan kegiatan yang paling penting dalam perkantoran. Karena kauangan
adalah tujuan orang melakukan perkantoran.
Manajemen
perjadwalan atau memanaj jadwal para karyawan yang bekerja di kantor tersebut.
Memanaj jadwal harus dilakukan untuk mengatur pekerjaan para karyawan kantor.
Tanpa adanya penjadwalan kantor tidak dapat berjalan karena tidak adanya jam
kerja untuk karyawan kantor tersebut. Selain mengatur jadwal karyawan kantor
perlu jg mengatur bagian bagian untuk mendifisikan pekerja pekerjanya.
Organisasi
Formal
Organisasi formal adalah organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai
tujuan tertentu, hubungan wewenang, terikat, tanggung jawab maupun
pertanggungjawaban dirancang oleh kepala organisasi agar pekerjaan dapat dilaksanakan
sesuai dengan peraturan yang telah disepakati bersama. Salah satu
contoh dari organisasi formal adalah kantor.
Organisasi
Informal
Organisasi
informal pada struktur organisasi tidak akan terlihat tetapi akan selalu
mengikuti keberadaan organisasi formal. Organisasi informal merupakan
organisasi yang tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secara tidak
sadar terjadi keberadaanya tanpa didasarkan pada hubungan wewenang formal pada
struktur organisasi maupun kesepakan tujuan bersama. Salah satu
contoh dari organisasi informal adalah kerja kelompok.